Belajar dari Pandemi, Bimbel Online Berkualitas Semakin Dibutuhkan

Belajar dari Pandemi, Bimbel Online Berkualitas Semakin Dibutuhkan

Bimbingan belajar online Sinotif memberikan layanan secara personal
“Pandemi Covid-19 secara nyata telah merevolusi pendidikan. Belajar online bukan lagi sekadar pilihan yang bisa dinomor tigakan. Berkaca dari itu, pelayanan bimbingan belajar online yang berkualitas semakin dibutuhkan.”

Perubahan drastis dalam pelaksanaan kegiatan belajar di sekolah tak bisa dihindari. Pandemi mendorong para guru dan murid memindahkan ruang kelas dan beralih memasuki ruang-ruang virtual sebagai konsekuensi pembatasan sosial. Tatap muka pun berganti dengan tatap layar. 

Belajar dari rumah atau sekolah online, begitu kita menyebutnya. Sebuah kegiatan belajar dalam sistem dan teknik pelaksanaan yang lumayan revolusioner bagi masyarakat Indonesia. Sebab selama ini pendidikan kita bertumpu pada aktivitas offline yang mempertemukan guru dan murid di satu ruang yang sama secara bersamaan. 

Meski laptop, smartphone, internet dan media sosial bukan barang baru, tapi baru sekarang kita didorong untuk memaksimalkannya sebagai media pembelajaran jarak jauh. Bahkan menempatkannya sebagai kebutuhan yang sama pentingnya dengan pendidikan itu sendiri.

 

Kebutuhan Bersama

Namun, pembelajaran jarak jauh atau lebih spesifiknya pembelajaran dari rumah ternyata tak sesederhana mengoperasikan smartphone dan mengirim pesan Whatsapp. Prosesnya tak sekadar berselancar dengan internet untuk melihat video-video tutorial. Tantangannya tidak hanya persoalan teknis. Esensi dan efektivitasnya juga benar-benar diuji.

Solusinya ialah mengadakan pelayanan belajar online yang secara efektif memberikan solusi bagi murid, tidak membosankan, sekaligus mampu memotivasi para murid untuk memaksimalkan potensinya.

Meski masa darurat kesehatan menampakkan tanda akan segera berakhir seiring semakin baiknya penanganan pandemi, bukan berarti belajar online tidak dibutuhkan lagi. Sebab bagaimanapun juga pandemi secara nyata telah merevolusi pendidikan. 

 

Sekarang atau nanti, metode dan cara belajar akan berkembang. Belajar online bukan lagi sekadar pilihan yang bisa dinomortigakan. Melainkan telah menjadi keniscayaan.

 

Masyarakat dan sekolah semakin menyadari pentingnya bimbingan belajar online yang berkualitas sebagai bagian dari kesinambungan pembelajaran di sekolah. Pada titik ini bimbel online terbaik menjadi kebutuhan bersama.

 

Bukan Sekedar Menonton Vidio Tutorial

Lantas seperti apa bimbingan belajar online terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan bersama tersebut?

Pertama-tama, bimbel online harus bisa menjadi partner bagi sekolah, orang tua, dan murid dalam menghadirkan pembelajaran yang berkesinambungan, saling melengkapi serta mendukung. Bimbingan belajar online perlu memiliki tujuan yang sejalan dengan harapan masyarakat, yakni terpenuhinya akses pembelajaran yang berkualitas dan mampu mendorong prestasi murid.

Mengingat ada banyak lembaga yang menyediakan pelayanan bimbingan belajar online, faktor reputasi perlu menjadi pertimbangan berikutnya. Seperti Sinotif yang telah berpengalaman dalam menyelenggarakan bimbingan belajar selama lebih dari 20 tahun.

Selanjutnya, belajar online tidak cukup lagi sekadar mengandalkan video-video tutorial satu arah. Oleh karena itu, bimbel online yang baik ialah yang mampu menghadirkan suasana tatap muka dalam ruang virtual yang interaktif.

Seperti yang diselenggarakan oleh Sinotif. Bimbingan belajar online Sinotif memungkinkan guru dan murid berinteraksi secara dekat dan intensif meski proses belajar dilakukan di kelas virtual. Murid tidak sekadar menonton video tutorial atau disuguhi video-video berdurasi panjang yang teks dan narasinya seragam. 

Ruang belajar online di Sinotif merupakan kelanjutan dari ruang-ruang kelas di sekolah. Guru tetap hadir memimpin proses belajar. Namun, perannya berpijak pada prinsip komunikasi dua arah yang memotivasi murid untuk belajar secara aktif. Sehingga murid memiliki kesempatan bertanya atau menanggapi materi yang disampaikan oleh guru. Sementara guru bisa memberikan umpan balik dan perhatian secara maksimal kepada setiap murid selama proses belajar berlangsung. 

Bisa dikatakan pembelajaran tatap layar yang diselenggarakan oleh Sinotif merupakan bentuk alih wahana dari proses tatap muka di sekolah.

 

4 Pilar Unggulan

Kualitas bimbel online Sinotif dibentuk oleh 4 pilar keunggulan Sinotif Learning Method Yang telah terbukti efektif membimbing murid-murid dari jenjang SD, SMP, hingga SMA.

Dengan Sinotif Learning Method proses belajar diselenggarakan tidak sekadar untuk meningkatkan nilai pelajaran, tapi juga membuat murid menyukai pelajarannya.

Sinotif Learning Method - formula yang telah terbukti selama lebih dari 20 tahun membantu siswa meningkatkan nilainya

Pilar pertama ialah “Specialized”, yakni mengkhususkan diri pada les online matematika, fisika, dan kimia.

Dengan fokus pada tiga mata pelajaran tersebut, metode Sinotif lebih mampu membantu murid menerabas salah satu “mental block” yang sering menghambat motivasi belajar. Yaitu rasa takut dan putus asa ketika menghadapi soal-soal matematika, fisika, dan kimia karena dianggap susah.

Di Sinotif murid tidak hanya dibimbing untuk menyelesaikan soal-soal tersebut, tapi didorong pula untuk mengembangkan sikap yang lebih positif dan percaya diri.

Pilar kedua ialah “Systemized” yang berarti pengajaran di Sinotif dilaksanakan secara sistematis. Para murid dipandu proses belajarnya mulai dari memahami konsep, menemukan solusi, hingga menyelesaikan setiap permasalahan dengan baik. Kemampuan berpikir dan kepercayaan diri murid diasah secara bertahap melalui soal-soal dengan tingkat kesulitan berjenjang.

Demikian pula para guru di Sinotif selalu menyiapkan rencana pengajaran, memilih materi, menentukan metode, dan menyampaikannya secara terstruktur agar materi mampu diserap dan dipahami oleh murid secara optimal.

Pilar ketiga ialah “Personalized”. Sinotif menerapkan pendekatan personal dalam membimbing belajar setiap murid. Kemampuan murid dan asal sekolah yang tidak sama menjadi pedoman untuk memberikan bimbingan yang tepat sesuai kebutuhan setiap murid. 

Materi yang diberikan juga disesuaikan dengan proses dan target belajar di sekolah. Mulai dari pembelajaran mengulang materi sekolah, persiapan ulangan, hingga ujian. Acuan kurikulum yang digunakan pun mengikuti standar nasional dan internasional sesuai asal sekolah murid yang bersangkutan. 

Bimbingan belajar online Sinotif siap menyambut murid kapan saja. Murid bisa mendaftar dan bergabung pada awal maupun tengah semester tanpa khawatir tertinggal pelajaran. Sebab guru-guru Sinotif selalu siap menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan setiap murid.

Agar para murid bisa berkembang secara maksimal, Sinotif menyediakan beberapa pilihan layanan sesuai dengan kebutuhan murid dan harapan orang tua. Ada layanan privat di mana satu guru hanya mengajar satu murid, layanan semiprivat di mana satu guru mengajar 3 hingga 5 murid yang berbeda-beda hingga kelas dengan maksimal 15 murid di mana siswa belajar bersama dengan teman-teman dengan satu tingkat kelas yang sama.

Semua layanan ini adalah layanan Sinotif Premier, yakni Premier Diamond (les privat), Premier Platinum (semiprivat), dan Premier Gold (klasikal). 

Tidak perlu bingung menentukan pilihan dari ketiga layanan tersebut. Sebab Sinotif menyediakan fasilitas chat education consultant yang bisa dimanfaatkan sejak mulai akan mendaftar.

Lewat fasilitas tersebut para orang tua bisa berkonsultasi dengan Sinotif seputar karakter, prestasi, target, dan sekolah sang anak. Setelah mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan murid, Sinotif akan merekomendasikan produk layanan bimbingan belajar online yang sesuai. 

Layanan konsultasi online juga bagian dari pilar keempat Sinotif Learning Method, yakni “Limitless”. Artinya bimbel online Sinotif tak berhenti saat sesi telah berakhir. Sinotif menyediakan akses layanan e-learning yang memungkinkan murid bisa belajar mandiri kapanpun dan di manapun. Para murid juga bisa memanfaatkan aplikasi tanya jawab 24 jam untuk memaksimalkan proses belajarnya.

 

Guru Terbaik

Kualitas dan efektivitas kegiatan belajar sangat ditentukan oleh kualitas guru. Para guru di Sinotif merupakan pengajar terbaik di tiga bidang mata pelajaran, yakni matematika, fisika, dan kimia. Setiap guru hanya mengajar satu pelajaran sesuai keahliannya.

Dengan rentang usia 25-35 tahun, semua guru di Sinotif merupakan pengajar bersertifikat. Kompetensi, keahlian, dan kreativitasnya telah teruji melalui serangkaian pelatihan dan evaluasi berkala.

Para guru juga bekerja secara fulltime di Sinotif sehingga memiliki fokus dan konsentrasi penuh untuk membimbing dan mendampingi belajar murid-muridnya. Tidak hanya hadir untuk menyampaikan materi pelajaran, guru-guru Sinotif juga berperan sebagai teman belajar yang siap menggali kebutuhan dan mengembangkan prestasi murid

Dengan berbagai keunggulan di atas Sinotif siap menjadi ruang dan teman belajar online terbaik yang menyenangkan. ~ Hendra Wardhana