Untitled Document
 
Saturday, 16 December 2017
 
      ENTER
 
Testimonial    |     Karir    |     Buku & CD    |     Download    |     Sign Up    |     Sitemap    |     Contact Us  
WELCOME TO SINOTIF.COM  
 
03 February 2010
Prinsip Untuk Menjadi Orang Tua yang Baik

Untuk menjadi orang tua yang baik di mata seorang anak tidaklah segampang membalik telapak tangan tetapi harus ada kecocokan antara orang tua dan anak tersebut, apalagi untuk anak yang usianya dua tahun keatas, setiap anak mempunyai karakter yang berbeda pada usia dua hingga lima tahun (balita). Disini orang tua di tuntut untuk memahami betul karakter setiap anak karena pada usia tersebut sifat anak bagaikan raja, apa yang dia inginkan haruslah dituruti, oleh karena itu sebagai orang tua kita harus mempunyai cara tersendiri untuk dapat menarik perhatian si anak agar dapat dekat dengan kita.

Berikut ini ada beberapa prinsip untuk menjadi orang tua yang baik bagi anak kita :

1.      Rencana apa yang harus anda lakukan

Ini adalah prinsip yang paling penting dan paling utama karena dengan cara ini anda  dapat merencanakan apa yang harus anda lakukan untuk anak anda.

Misalnya : Bangun tidur anak harus di anjurkan mandi pagi supaya anak tersebut dapat mengerti bahwa kebersihan itu penting dan paling utama.

2.   Ikut serta di dalam setiap aktifitas/kegiatan anak anda :

Dengan cara ini anda dapat memantau sampai sejauh mana aktifitas anak anda setiap hari, tetapi jangan memanjakan anak anda dengan hal-hal yang dapat merugikan perkembangan anak anda.

Misalnya : anda memantau anak belajar (mengerjakan PR), tetapi bukan berarti anda mengerjakan PR anak anda, karena jika anda mengerjakan PR anak anda, maka akan membuat ketergantungan si anak kepada orang tuanya.

3.   Menerapkan aturan kepada anak:

Dengan cara ini anda dapat menerapkan aturan kepada anak anda supaya anak anda lebih disiplin di dalam kesahariannya. Dan dengan cara ini anda setiap orang tua tidak repot kalau anak anda besar nanti, karena dari kecil sudah diterapkan aturan-aturan kepada anak anda.

4.    Menghargai kreatifitas anak anda:

Hal ini penting sebagai orang tua anda harus dapat menghargai kreatifitas anak anda, karena dengan cara ini anda dapat membangun kemampuan daya fikir anak anda sehingga anak anda berkreasi dalam bidang apapun asalkan kreasi itu dalam bentuk yang positif.

5.      Jangan bersikap kasar kepada anak anda :

Jangan sekali-kali anda bersikap kasar kepada anak anda, apalagi kalau sampai memukul anak anda dan mengucapkan kata-kata kasar kepada anak anda, akan membuat anak anda menjadi penakut, apalagi anda  sebagai orang tua sering mengucapkan kata-kata kasar kepada anak anda. Ini akan membuat pola pikir anak anda sulit untuk berkembang dia akan menjadi penakut dan sukar bergaul (berteman)

       6.  Menerapkan nilai-nilai agama :

            Nilai-nilai agama sangatlah penting bagi seorang anak, karena jika anak-anak kita terapkan

            nilai-nilai agama di dalam kehidupannya sehari-hari maka secara perlahan anak dapat mengerti

           dan bisa mengimplementasikan dalam kehidupan.



 
 
 
  Alamat Pusat : Ruko Danau Sunter Mas, Jl. Sunter Jaya 1 No. D3 dan D5, Sunter, Jakarta Utara
                        Telp. (021) 2265 2392 - Fax. --

© Copyright 2010 - design and Hosting@ faberhost.com