Untitled Document
 
Saturday, 16 December 2017
 
      ENTER
 
Testimonial    |     Karir    |     Buku & CD    |     Download    |     Sign Up    |     Sitemap    |     Contact Us  
WELCOME TO SINOTIF.COM  
 
11 May 2010
Cara Bijak Memberikan Pujian Kepada Anak Anda

ORANGTUA sudah selayaknya memberikan pujian kepada anak yang berhasil dalam suatu bidang tertentu. Hanya saja pujian tersebut diberikan dengan ukuran yang proporsional.

Berikut ini cara tepat memberikan pujian kepada Anda yang bisa Anda terapkan:

Puji anak dengan cara realistis

Berikan pujian pada anak yang menekankan sisi positif atau perilaku positif yang menjadi kekuatan anak. Beri pula masukan pada anak tentang hal yang sebaiknya mereka perbaiki. Contohnya “Wah gambar langit kamu sangat indah karena kombinasi warnanya sangat bagus!”

 

Jangan memberi pujian yang terlalu berlebihan

Contohnya mengatakan “Oh, Ya Ampun, gambar kamu bagus sekali. Ibu nggak pernah melihat gambar sebagus ini!” Atau mengatakan, ”Ibu yakin pasti kamu anak yang paling pintar di kelas.” Pujian yang berlebihan seperti di atas mempunyai pengaruh buruk bagi anak yang berusia lebih dari 4 tahun. Mereka sudah tidak bisa dibohongi lagi. Mereka bisa melihat bahwa orang tuanya tidak jujur dalam berkata.

 

Memberi pujian terlalu sering

Kadang kala orangtua selalu memuji anaknya dalam segala hal, dari yang kecil sampai besar. Hingga hal yang tidak patut dipuji pun anak diberi pujian, misalnya ketika mereka mengalami kegagalan. Di sini bukan pujian yang harus diberikan, tetapi motivasi.

 

Fokuskan pujian pada bakat atau minat yang disukai anak

Jika anak menyukai balet, menari, menyanyi, berenang atau bermain bola, pujilah setiap pencapaian yang telah diperolehnya. Hal ini akan mempengaruhi usaha anak untuk lebih lagi pada bidang-bidang lainnya.



 
 
 
  Alamat Pusat : Ruko Danau Sunter Mas, Jl. Sunter Jaya 1 No. D3 dan D5, Sunter, Jakarta Utara
                        Telp. (021) 2265 2392 - Fax. --

© Copyright 2010 - design and Hosting@ faberhost.com